:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Rabu, 31 Juli 2013

Ppsi Persiapkan Shalat Idul Fitri 1434 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Ahad, 28  Juli 2013 bakda Shalat Isya dan Tarawih di Serambi Masjid Al Al Hikmah Toyan dilaksanakan persiapan penyelenggaraan Shalat Idul Fitri 1434 Hijriyah.

Shalat Idul Fitri untuk tahun ini akan dilaksanakan pada Hari Kamis, 1 Syawal 1434 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 8 Agustus 2013 pukul 07.00 WIB. Beberapa agenda rapat yang dilaksanakan pada malam hari tersebut diantaranya adalah persiapan tempat, imam dan khotib, pembagian tugas, pembuatan banner/pamplet, serta kerja bakti persiapan tempat 1 (satu) hari sebelum hari pelaksanaan.

Yang akan bertindak sebagai Imam dan Khatib pada Shalat Idul Fitri tahun ini adalah Drs. H. M. Ibrozi dari Pengasih, Ibrozi adalah salah satu Pengasuh Pondok Pesantren Muhammadiyah.

Beberapa tugas telah dibagi kepada seluruh Masjid anggota Panitia Penyelenggara Shalat Ied (PPSI), diantaranya penanggung jawab sound sistem, kebersihan, keamanan, parkir, penghitung jamaah yang hadir dan publikasi.

Saat dikonfirmasi sebelum pelaksanaan rapat, Kusuma, Sekretaris Panitia Penyelenggara Shalat Ied (PPSI) menjelaskan bahwa sebagaimana tahun sebelumnya, Shalat Idul Fitri 1434 Hijriyah ini akan dilaksanakan di Jembatan Timbang Kulwaru. Kusuma memastikan Pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Jembatan Timbang Kulwaru setelah mendapat kepastian dari Petugas Piket Jembatan Timbang sehari sebelum pelaksanaan rapat.

”Sudah ada kepastian untuk pemakaian tempat, sebagai tindak lanjut akan segera dikoordinasikan dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wates Selatan untuk persuratannya,” kata mahasiswa semester akhir pada salah satu Universitas swasta di Jogjakarta ini.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut juga dibahas mengenai persiapan Pengajian dan Buka Puasa Bersana yang sedianya akan dilaksanakan pada Hari Ahad, 4 Agustus 2013. Guna mensukseskan acara tersebut, Panitia Penyelenggara Shalat Ied (PPSI) menggandeng beberapa organisasi diantaranya Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz, Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah Wates Selatan, dan Remaja Islam Masjid Al Hikmah Toyan.

Pengajian sendiri sedianya akan diisi oleh pembicara dari Yogyakarta yaitu Ustadz Muhammad Fatan atau yang lebih dikenal dengan nama Ustadz Fatan Fantastik,  pengarang Buku Bikin Belajar Selezat Coklat dengan Tema Seuntai Benang Cinta Untuk Merajut Prestasi, yang akan dilaksanakan di Serambi Masjid Al Hikmah Toyan.

Dengan dilaksanakannya beberapa agenda PPSI diantaranya penyelenggaraan Shalat Idul Fitri 1434 Hijriyah dan Pengajian Buka Bersama, diharapkan pelaksanaannya akan lebih maksimal dan sesuai dengan yang telah direncanakan. Aamiin. *[adm]

Referensi : PPSI

Selengkapnya → Ppsi Persiapkan Shalat Idul Fitri 1434 Hijriyah

Senin, 29 Juli 2013

Radio Komunitas Adakan Buka Bersama Dan Sharing Dunia Broadcast

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Sebagai sarana mengakrabkan pendengar dengan manajemen dan menambah pengetahuan di dunia broadcast, Radio Komunitas Suara Ramadhan adakan buka bersama dan sharing.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Ahad, 28 Juli 2013 dan dihadiri oleh pendengar Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz, manajemen, dan Remaja Islam Masjid Al Hikmah Toyan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wuri Damaryanti, dari Kliripan Kokap, Kulon Progo. Wuri Damaryanti sendiri adalah mantan penyiar Radio Rosala FM, Radio Global FM Jogja, I Radio Jogja, dan sekarang aktif sebagai reporter pada radio Republik Indonesia (RRI) Pro 1 Yogyakarta. Materi yang disampaikan diantaranya tentang pengalamannya sebagai penyiar dan reporter radio dan teknik menjadi penyiar yang baik. Kegiatan berlangsung hangat dan menarik diselingi dengan tanya jawab dari peserta.

Seorang reporter dan penyiar harus mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas baik yang ada kaitannya dengan dunia musik dan perkembangan berita terkini yang sedang berkembang di masyarakat serta harus mampu menyampaikan berita dengan baik. ”Penyiar dan reporter harus selalu meng-upgrade dirinya untuk bisa menjadi lebih baik.” kata Wuri.

Salah satu penyiar Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz Haniph atau yang lebih akrab disapa DJ Yummy mengatakan bahwa kegiatan tersebut menarik karena langsung mendatangkan orang yang menguasai bidangnya yaitu broadcast sehingga lebih jelas dan dapat diterima dengan baik.

Lebih lanjut Yummy berharap bahwa kegiatan serupa dapat dilaksanakan lagi tahun depan guna membuka wawasan tentang dunia broadcast terutama dibidang penyiaran radio. Kegiatan radio komunitas seperti sharing dunia broadcast tersebut dapat dilaksanakan pada saat buka bersama atau di luar ramadhan, harapnya. *[adm]

Referensi : Radio Komunitas Suara Ramadhan 1434 Hijriyah

Selengkapnya → Radio Komunitas Adakan Buka Bersama Dan Sharing Dunia Broadcast

Remaja Islam Masjid Persiapan Khataman, Kupatan Dan Takbiran

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Khataman, Kupatan dan Takbiran sebagai salah satu agenda rutin Keluarga Besar Masjid Al Hikmah Toyan sedianya tetap akan dilaksanakan pada Ramadhan tahun ini.

Sebagai tindak lanjut mengenai hal tersebut, guna mempersiapkan kegiatan Sabtu, 27 Juli 2013 dilaksanakan rapat persiapan. Beberapa hasil kesimpulan rapat tersebut diantaranya adalah Khataman akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Agustus 2013 dengan menu sedan ijo yaitu nasi, telur, mie, tahu dan tempe. Hal lain yang dibahas adalah pembentukan panitia kecil yang akan bertanggung jawab melaksanakan kegiatan tersebut.

Sementara itu kupatan akan dilaksanakan pada malam 1 Syawal 1434 Hijriyah bertepatan pada Hari Kamis, 8 Agustus 2013 dengan pembuatan 250 ketupat. Dalam kesempatan tersebut juga dibahas masalah penganggaran kegiatan. Adapun takbiran sendiri akan dilaksanakan sebagaimana tahun lalu, yaitu takbir keliling.

Dengan dilaksanakannya rapat persiapan khataman, kupatan dan takbiran diharapkan kegiatan dapat berjalan dengan baik. *[adm].

Selengkapnya → Remaja Islam Masjid Persiapan Khataman, Kupatan Dan Takbiran

Minggu, 28 Juli 2013

Turnamen Badminton Selesai, Remaja Islam Adakan Syukuran

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Setelah selesai dan sukses melaksanakan Turnamen Badminton Ramadhan Cup ke-2 Remaja Islam Masjid Al Hikmah Toyan laksanakan syukuran.

Pelaksanaan syukuran sendiri dilaksanakan pada hari Ahad, 21 Juli 2013 sampai dengan dini harinya. Herman salah satu panitia turnamen menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu ngkapan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat-Nya sehingga pelaksanaan turnamen badminton untuk kali kedua tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses tanpa kendala berarti. ”Kegiatan yang telah dilaksanakan kurang lebih 1 (satu) minggu ini berjalan lancar dan tak ada kendala berarti,” ungkapnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya,tampil dalam partai Final, pasangan Tommy Sularto dan Hadiid Sulaiman melawan Yusuf  dan Rizqi. Pertandingan berjalan seru, dan berakhir dengan kemenangan pasangan Tommy Sularto dan Hadiid Sulaiman dengan 3 set Rubber Game, 22-10, 18-21 dan 14-21.

Juara I dari Turnamen Ramadhan Cup Kedua ini mendapatkan Tropi, 3 ekor ayam dan uang pembinaan, Juara II akan mendapatkan Tropi, 2 ekor ayam dan uang pembinaan dipersembahkan oleh TB. Lancar Toyan, dan Juara III mendapatkan Tropi, 1 ekor ayam dan uang pembinaan dari Mie Ayam Karomah, Bendungan. Adapun Juara IV mendapatkan 1 ekor ayam dan Voucher dari Toyan Cell.

Kegiatan syukuran sendiri dilaksanakan dengan penyembelihan beberapa ekor ayam dan sampai dengan dini hari, sehingga sekaligus menjadi makan sahur. ”Ini sekaligus makan sahur, jadi tidak perlu sahur lagi dirumah,” kata Kusuma salah satu Panitia.

Penyerahan tropi, hadiah dan uang pembinaan sendiri sedianya akan dilaksanakan pada saat pengajian Buka Puasa Bersama Ustad Fatan yang akan dilaksanakan pada Ahad, 4 Agustus 2013.

Lebih lanjut Kusuma berharap bahwa dengan telah selesainya turnamen badminton dan diadakannya syukuran diharapkan silaturahim tetap terjaga. Aamiin. *[adm]

Referensi : Turnamen Ramadhan Cup Kedua Berakhir

Selengkapnya → Turnamen Badminton Selesai, Remaja Islam Adakan Syukuran

Senin, 22 Juli 2013

Turnamen Ramadhan Cup Kedua, Masjid Al Hikmah Toyan Berakhir

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Setelah selama 1 (satu) minggu, Ahad, 21 Juli 2013 pelaksanaan Turnamen Badminton Cup kedua, Masjid Al Hikmah Toyan berakhir. Partai yang dipertandingkan pada malam hari tersebut adalah perebutan Juara I, II, III dan IV.

Tampil dalam partai Final, pasangan Tommy Sularto dan Hadiid Sulaiman melawan Yusuf  dan Rizqi. Pertandingan berjalan seru, dan berakhir dengan kemenangan pasangan Tommy Sularto dan Hadiid Sulaiman dengan 3 set Rubber Game, 22-10, 18-21 dan 14-21.

Panitia Turnamen Ramadhan Cup Kedua Masjid Al Hikmah Toyan, Kusuma Dwi Cahyo menjelaskan bahwa turnamen telah dilaksanakan selama kurang lebih 1 (satu) minggu dan berakhir pada hari Ahad. Turnamen berakhir pada pertengahan Ramadhan dengan pertimbangan bahwa setengah ramadhan yang akhir akan dilaksanakan untuk kegiatan ramadhan yang lain, diantaranya pelaksanaan buka puasa bersama dengan ustadz Fatan dari Yogyakarta.

“Tengah dan akhir Ramadhan tahun ini, agenda Keluarga Besar Masjid Al Hikmah Toyan adalah Khataman, Kajian Silaturahim Remaja, Buka Puasa Bersama, Kupatan, Pengelolaan Zakat Infak Shodaqoh dan Takbiran,” ungkapnya.

Selanjutnya mengenai Turnamen Ramadhan Cup Kedua ini, Kusuma menjelaskan bahwa kegiatan turnamen akan tetap dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang, dan akan menjadi Turnamen Tahunan pada setiap Bulan Suci Ramadhan.

Juara I dari Turnamen Ramadhan Cup Kedua ini akan mendapatkan Tropi, 3 ekor ayam dan uang pembinaan, Juara II akan mendapatkan Tropi, 2 ekor ayam dan uang pembinaan dipersembahkan oleh TB. Lancar Toyan, dan Juara III mendapatkan Tropi, 1 ekor ayam dan uang pembinaan dari Mie Ayam Karomah, Bendungan. Adapun Juara IV mendapatkan 1 ekor ayam dan Voucher dari Toyan Cell.

Penyerahan tropi, hadiah dan uang pembinaan sendiri sedianya akan dilaksanakan pada saat pengajian Buka Puasa Bersama Ustad Fatan. Dengan berakhirnya Turnamen Ramadhan Cup Kedua, Masjid Al Hikmah Toyan, semoga membawa manfaat terutama silaturahim yang tetap terjaga. Aamiin. *[adm]

Selengkapnya → Turnamen Ramadhan Cup Kedua, Masjid Al Hikmah Toyan Berakhir

Adab Khutbah Jumat

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Khutbah Jumat merupakan rukun dalam pelaksanaan shalat Jumat. Ini juga momen yang sangat tepat untuk menjelaskan perkara agama karena kaum Muslimin saat itu berkumpul. Agar pelaksanaan khutbah jumat terlaksana dengan baik, setiap khatib perlu mempelajari adab khutbah jumat.

Beberapa adab dalam khutbah Jumat, Pertama, Disunnahkan bagi khatib memberi salam ketika masuk masjid dan ketika naik mimbar sebelum khutbah. Ibnu Umar radhiyallahu’anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW jika masuk masjid pada Jumat memberi salam pada orang-orang yang duduk di sisi mimbar dan jika telah naik mimbar beliau menghadap hadirin dan mengucap salam. (Riwayat Ath-Thabrani).

Kedua, Jika selesai adzan, khatib menghadap makmum dan menyampaikan khutbah dengan menyandarkan tangannya pada tongkat/busur panah. Ini berlandaskan pada Hadist al-Hakam bin Hazm al-Kulafi bahwa ia menyaksikan/mengikuti shalat Jumat bersama Nabi SAW dan beliau berdiri (dalam khutbah)bersandarkan pada tongkat/busur panah. (Riwayat Abu Dawud). Namun ada ulama lain yang memandang tidak perlu bersandar pada tongkat.

Ketiga, Bagi khatib yang mampu berdiri disyariatkan berdiri pada kedua khutbah, dengan sekali duduk diantara keduanya. Menurut Imam Syafi’i, hal ini hukumnya wajib berdasarkan Hadits yang diriwayatkian dari Ibnu Umar “Bahwa Nabi SAW berkhutbah pada hari jumat dengan berdiri, lalu duduk, lalu berdiri (untuk berkhutbah lagi) seperti yang dikerjakan orang-orang hari ini.” (Riwayat Jamaah Ahli Hadits)

Adab khutbah Jumat keempat adalah Disunnahkan bagi khatib untuk mengeraskan suaranya pada khutbahnya (selain rukun-rukun khutbah). Diriwayatkan dari jabir, jika Rasulullah berkhutbah, kedua matanya memerah dan suaranya tinggi, seolah-olah beliau adalah seorang pemberi peringatan kepada pasukan bahwa musuh akan menyerang diwaktu pagi atau sore.

Kelima, Memendekkan khutbah dan memanjangkan shalat. Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya panjangnya shalat dan pendeknya khutbah seseorang, pertanda (mendalam) pemahamannya. Panjangkanlah shalat dan pendekkanlah khutbah!” (Riwayat Muslim). Hadits ini menunjukkan  disyariatkannya memendekkan waktu (durasi) khutbah dalam pengertian sedang yaitu pertengahan, antara pendek yang tidak mencukupi dan panjang yang berlebihan. Namun, jika sesekali khatib memanjangkan khutbah karena kebutuhan, hal ini tidak mengapa. Diantara faedah memendekkan durasi khutbah mudah diserap dan dipahami serta makmum tidak bosan mendengarkannya.

Adab khutbah Jumat yang Keenam, Dimakruhkan bagi khatib mengangkat kedua tangannya saat berdoa karena Rasulullah SAW hanya berisyarat dengan jarinya ketika berdoa saat khutbah. Hal ini berlandaskan Hadits Umarah bin Ruwaibah bahwa dia melihat Bisyr bin Marwan di atas mimbar mengakat kedua tangannya. Umarah berkata. “Semoga Allah menjelekkan kedua tangannya. Sungguh, aku melihat Rasulullah SAW tidak lebih dari melakukan seperti ini –beliau berisyarat dengan jari telunjuknya.” (Riwayat Muslim)

Ketujuh, Berkhutbah sesuai dengan kondisi. Misalnya, menjelaskan perkara-perkara yang terkait dengan Ramadhan menjelang masuknya bulan tersebut. Demikian pula berkhutbah harus dengan bahasa yang jelas sehingga tidak menimbulkan salah tafsir. Itulah beberapa adab dalam khutbah Jumat, Semoga bermanfaat. *[adm]

Referensi : Suara Hidayatullah, Foto : Google.com

Selengkapnya → Adab Khutbah Jumat

Minggu, 21 Juli 2013

10 Ramadhan Radio Komunitas Laksanakan Koordinasi

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Rabu, 17 Juli 2013, bertepatan dengan malam 10 Ramadhan 1434 Hijriyah, selepas Shalat Tarawih dan Tadarus Al Quran, seluruh kru Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz laksanakan koordinasi.

Koordinasi yang dilaksanakan di Gedung Multiguna, Lantai II Komplek Masjid Al Hikmah Toyan ini dihadiri oleh Manager, Direktur Siar, Direktur Teknik, dan Penyiar Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz.

Adapun maksud dilaksanakannya rapat koordinasi pada malam hari tersebut adalah untuk membahas hal-hal teknis yang menjadi kendala sekaligus evaluasi dan mencari  solusi selama 9 hari pelaksanaan on air 1434 hijriyah, sekaligus dalam rangka lebih memaksimalkan fungsi dan tujuan dari Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan teknik siaran bagi penyiar/DJ magang (baru). Sebagaimana diketahui bahwa tujuan awal dari pendirian Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz selain sebagai media silaturahim juga sebagai sarana untuk mengekspresikan diri bagi Remaja Islam dalam hal mengasah kemampuan verbal.

Direktur Teknik Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz, Iman Surachno berharap kepada penyiar (DJ) baru untuk lebih mengasah diri kemampuannya, sehingga dalam on air pada Ramadhan Mubarrak tahun depan bisa menjadi penyiar yang lebih baik.

Sementara itu, Apang, Manager Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz menjelaskan bahwa semakin tahun radio masjid tersebut diharapkan lebih maju, baik dari kualitas penyiarannya, materinya, maupun peralatan dan alat siar. Dengan adanya koordinasi berkala layaknya pada tanggal 10 Ramadhan tersebut diharapkan permasalahan terkait Radio Komunitas dapat teratasi. *[adm]

Selengkapnya → 10 Ramadhan Radio Komunitas Laksanakan Koordinasi

Sabtu, 20 Juli 2013

Jelang Lebaran, TPA Al Hikmah Toyan Bagikan Tabungan

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Setelah menabung kurang lebih 1 (satu) tahun selepas Idul Fitri 1433 Hijriyah, Kamis, 18 Juli 2013 Taman Pendidikan Al Quran membagikan tabungan santri.

Tampak raut muka berseri dari santri yang hadir pada kesempatan sore hari bersamaan dengan pengajian menjelang buka puasa tersebut. Pembagian tabungan dilaksanakan pada hari ke-10 Ramadhan dengan maksud bahwa  uang yang ada dapat dimanfaatkan untuk kepentingan Idul Fitri, seperti pembelian baju lebaran, sehingga santri mempunyai kebanggaan dapat membeli keperluan buat lebaran dari uang tabungannya sendiri.

Adapun tabungan yang dibagikan adalah sebesar Rp. 9.069.000,- dan dibagikan kepada kurang lebih 60 santri. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya saat pembagian tabungan juga dilaksanakan pembagian buku tulis dan peralatan sekolah lainnya. ”Bulan ini bersamaan dengan masuknya siswa sekolah, sehingga harapannya alat tulis yang diberikan dapat lebih bermanfaat,” harap Sri Agung, Direktur Taman Pendidikan Al Quran Al Hikmah Toyan.

Lebih lanjut, Sri Agung juga berharap bahwa tabungan yang telah dibagikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan dan keperluan menjelang Idul Fitri. ”Tabungan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya jelang Idul Fitri 1434 Hijriyah, jangan dibelikan sesuatu yang sifatnya pemborosan seperti mercon,” lanjut Agung.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan pemberitahuan bahwa setelah Idul Fitri 1434 Hijriyah, santri Taman Pendidikan Al Quran diberikan kesempatan libur, dan masuk kembali pada tanggal 20 Agustus 2013. Hal ini dimaksudkan agar santri mempunyai waktu yang cukup untuk bersilaturahmi kepada sanak saudara.

Semoga pembagian tabungan kepada santri Taman Pendidikan Al Quran yang dilaksanakan jauh hari sebelum Lebaran/Idul Fitri 1434 Hijriyah dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Aamiin. *[adm]

Selengkapnya → Jelang Lebaran, TPA Al Hikmah Toyan Bagikan Tabungan

Selasa, 16 Juli 2013

Wajah Baru Di Radio Komunitas Suara Ramadhan 1434 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Sabtu, 13 Juli 2013, bertepatan dengan 5 hari On Air Radio Komunitas Suara Ramadhan 1434 Hijriyah beberapa penyiar wajah baru bermunculan.

Selain beberapa penyiar lama seperti DJ OI, DJ Kriwil, DJ Indra, DJ muncul beberapa nama diantaranya DJ Gayus, DJ Herman, DJ Alex. DJ Kriwil Penanggung Jawab Siar Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz yang ditemui admin web menjelaskan bahwa kemunculan penyiar baru ini memang harapan dari DJ yang sudah lama, sebagai bagian dari kaderisasi. ”Ini bagian dari kaderisasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kriwil menjelaskan bahwa diharapkan kedepan, DJ baru tersebut dapat menggantikan DJ lama dan meneruskan keberadaan Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 Mhz yang merupakan salah satu Unit Kegiatan Masjid (UKM) dan akan terus mengudara menemani hari-hari selama Ramadhan.

Sementara itu, Herman salah satu DJ baru di Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz menerangkan bahwa dia merasa senang dengan adanya kesempatan untuk menjadi penyiar di Radio Komunitas Masjid ini. ”Sempat nervous juga saat pertama kali siaran,” katanya. Tapi hal tersebut tidak mengendurkan semangatnya untuk terus mengawal acara yang telah disusun oleh manajemen Radio.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, programa acara yang telah dipersiapkan diantaranya dalam Ramadhan 1434 Hijriyah ini diantaranya :
01. Musik Islami
02.Tausiah
03. Kajian Remaja
04. Ngabuburit
05. Buber
06. Live Kultum (dari Mimbar Al Hikmah Toyan)
07. Live Taraweh
08. Mushola (Musik Slow dan Galau)
09. Kolaq (Koleksi Lagu Request)
10. Saum (Sair Untuk Malam)

Dengan adanya wajah baru tersebut diharapkan Radio Komunitas Suara Ramadhan 1434 Hijriyah tersebut akan terus eksis. Semoga. *[adm]

Referensi : 9 Tahun On Air RKSR

Selengkapnya → Wajah Baru Di Radio Komunitas Suara Ramadhan 1434 Hijriyah

Turnamen Badminton Ramadhan Cup II Resmi Dibukaa

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Selasa, 15 Juli 2013, Turnamen Badminton Ramadhan Cup II resmi digelar di Lapangan Outdoor Masjid Al Hikmah Toyan. Tehnical Metting (TM) sendiri telah dilaksanakan pada Senin, 14 Juli 2013 Pukul 21.00 WIB selepas Pelaksanaan Shalat Taraweh di Serambi Masjid Al Hikmah Toyan.

Kusuma Dwi Cahyo salah satu Panitia Turnamen menjelaskan bahwa kegiatan Turnamen ini diikuti oleh oleh 26 Pasangan dari Masjid di Wilayah Wates Selatan. ”Turnamen ini diikuti 26 Pasang peserta,” ungkapnya.

Adapun sistem yang digunakan dalam turnamen ini dengan sistem gugur, dengan sistem Relly Point, game 21 Point. Pasangan yang memenangkan 2 set berhak melanjutkan ke tahapan selanjutnya. ”untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya, peserta harus memenangkan 2 set, apabila terjadi skor imbang maka akan ditentukan dengan rubber game,” kata Kusuma.

Sedianya, pelaksanaan Turnamen Badminton Ramadhan Cup II ini akan dilaksanakan selama 1 (satu) minggu. Rencananya, pelaksanaan partai final akan dilaksanakan pada Ahad, 21 Juli 2013. Bagi pemenang disediakan hadiah kejuaraan berupa Ayam, trophy, uang pembinaan dan sertifikat. Dalam setiap malamnya juga akan dibagikan door price.

Berdasarkan pantauan Admin Al Hikmah Web, pelaksanaan turnamen pada Hari Pertama tersebut tampak ramai. Menurut jadwal, dalam setiap malamnya akan digelar 5 partai. Dengan dimulainya Turnamen Badminton Ramadhan Cup II, diharapkan dapat menjadi ajang yang positif, mempererat silaturahim antar masjid.  *[adm]

Referensi : Turnamen Badminton Ramadhan Cup I

Selengkapnya → Turnamen Badminton Ramadhan Cup II Resmi Dibukaa

Kajian Silaturahim Remaja Dan Buka Bersama 1434 H - #1

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Ahad, 14 Juli 2013 bertempat di Serambi Masjid Al Hikmah Toyan dilaksanakan salah satu agenda Semarak Ramadhan yaitu Kajian Silaturahim Remaja #1 dan Buka Bersama.

Kajian Silaturahim Remaja dan Buka Bersama sendiri adalah salah satu agenda Semarak Ramadhan 1434 Hijriyah di Masjid Al Hikmah Toyan. Kegiatan Kajian Silaturahim Remaja dan Buka Bersama pada kesempatan sore hari tersebut dihadiri oleh kurang lebih 100 orang dari Remaja Islam Masjid Al Hikmah Toyan, Al Huda Sumberan, Shirotul Jannah Sumberan, Nurul Huda Seworan, Mujahidin Conegaran, dan Remaja Masjid At Taqwa Bendungan.

Sementara itu, hadir sebagai pembicara dalam kajian silaturahim adalah Ustadz Lutfi dari Panjatan. Dalam tausyiahnya Lutfi menjelaskan bahwa remaja khususnya Remaja Islam Masjid harus mampu memaknai dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Lebih lanjut, ustadz  lulusan Pesantren Gontor itu menjelaskan bahwa sebaik-baik orang adalah orang yang bermanfaat untuk orang lain. Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan sesi tanya jawab untuk memperdalam materi yang telah disampaikan oleh ustadz Lutfi.

Sedianya kegiatan Kajian Silaturahim Remaja dan Buka Bersama tersebut akan digelar 4 (empat) kali dan dilaksanakan setiap hari Ahad. Kegiatan dilanjutkan dengan buka bersama, dan Shalat Maghrib berjamaah. Semoga dengan adanya kajian silaturahim remaja dan buka bersama 1434 H - #1 dapat menambah erat silaturahim yang telah ada antar masjid dan dapat menambah khasanah keilmuan dari Remaja Islam Masjid yang hadir. *[adm]

Referensi : Kajian Silaturahim Remaja 1433 H - #1

Selengkapnya → Kajian Silaturahim Remaja Dan Buka Bersama 1434 H - #1

Senin, 15 Juli 2013

Adab Berhias

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Islam memandang berhias sebagai bagian dari sunnah, sepanjang untuk kebaikan dan ibadah. Berhias merupakan bagian dari keindahan. Berikut akan dibahas, beberapa Adab berhias yang disyariatkan.

Pertama, Tidak memakai perhiasan yang berlebihan, islam memandang orang yang berlebihan-lebihan dalam masalah ini termasuk mengikuti perbuatan setan. Inilah yang dimaksud tabarruj, yaitu seorang perempuan yang keluar rumah dengan berjalan dihadapan laki-laki, dengan maksud memamerkan tubuh dan perhiasannya. Para Imam mazhab  sepakat bahwa perempuan yang menggunakan perhiasan berlebihan hukumnya haram.

Kedua, Untuk perempuan yang sedang berkabung karena ditinggal mati suaminya, tidak boleh berhias di badan seperti mewarnai rambutnya/anggota tubuh dengan inai (kidhab), menggunakan celak (iktihal) dalam segala jenis. Celak dibolehkan untuk berobat, yang penggunaannya di malam hari dan harus dihapus pada pagi hari. Dalilnya Hadist riwayat Ummu Athiyah RA, “kami tidak menggunakan wewangian, tidak menggunakan baju yang dicelup.” (Riwayat Bukhori dan Muslim).

Ketiga, Tidak berhias dengan sesuatu yang dilarang, seperti wewangian yang mengandung alkohol. Menurut jumhur fuqaha, khamar adalah najis berdasar surat al-Maidah (5):90. Khamar yaitu setiap benda cair yang memabukkan berdasarkan Hadist “Setiap yang memabukkan adalah khamar dan setiap khamar adalah haram.” (Riwayat Muslim). Sedang khusus laki-laki tidak boleh memakai emas dan sutra. Rasulullah SAW bersabda “Telah diharamkan memakai sutera dan emas bagi laki-laki dari umatku dan dihalalkan bagi wanita.”

Keempat, Tidak berhias dan bertingkah laku seperti orang jahiliyah, yang bisa menimbulkan fitnah. Termasuk dalam menggunakan wangi-wangian yang berlebihan.  Rasulullah bersabda “Setiap perempuan mana saja yang terkena bau wangi, maka hendaklah dia tidak mengerjakan shalat Isya bersama kami.” (Riwayat Muslim, Abu Dawud, dan An-Nasai).

Kelima, Tidak berhias diri dengan mengubah wujud aslinya seperti membuat tato badan, mencukur alis mata secara permanen. Rasulullah SAW bersabda “Allah melaknat yang menato, yang ditato, yang menganggur dan yang dipanggur.” (Riwayat Muslim). Rasulullah SAW melarang perbuatan al-Qaza’ yaitu mencukur sebagian kepala anak kecil dan membiarkan sebagian lainnya. Ibnul Qayyim Al-Qaza’ ada beberapa macam : mencukur satu bagian dari kepala dari sini dan sini seperti gumpalan awan yaitu yang bergumpal-gumpal, mencukur tengahnya dan membiarkan sisi-sisinya, mencukur sisi-sisinya dan membiarkan tengahnya, mencukur bagian depan kepala dan membiarkan bagian akhir.

Keenam, Bagi laki-laki melebatkan jenggot dan membiarkan tumbuh, dan memendekkan kumis dan mencukurnya. Hadist nya “Lebatkanlah jenggot dan pendekkanlah kumis.” (Riwayat Muslim)

Allah SWT senang dan menyukai keindahan. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah itu indah lagi menyukai keindahan”. (Riwayat Muslim). Itulah beberapa adab berhias sesuai tuntutan Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat. *[adm]

Referensi : Suara Hidayatullah, Foto : Google.com

Selengkapnya → Adab Berhias

Rabu, 10 Juli 2013

9 Tahun On Air Radio Komunitas Suara Ramadhan

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Setelah mengudara mulai tahun 1425 Hijriyah atau 2005 Masehi, Tahun 1434 Hijriyah/2013 ini menjadi tahun ke 9 On Air Radio Komunitas Suara Ramadhan.

Persiapan sendiri sudah dilakukan beberapa saat yang lalu, kurang lebih 1 bulan menjelang datangnya Bulan Mulia Ramadhan. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, antena siar telah siap terpasang dan siap memuaskan pendengarnya di tahun ini. Dengan antena rakit baru, diharapkan gelombang pancarnya lebih baik dan menjangkau lebih jauh, ditambah beberapa waktu yang lalu Radio telah mengadakan pembuatan Mixer dan Power yang baru guna mendukung pelaksanaan on air tahun ini.

Iman menjelaskan bahwa jangkauan siar pada tahun ke-9 penyelenggaraan On Air Radio Komunitas Suara Ramadhan ini adalah seluruh Kecamatan Wates, sebagian Kecamatan Temon, Panjatan dan Kecamatan Pengasih. ”Alhamdulillah tahun ini dengan antena baru, jangkauan siar lebih jauh, sampai diseluruh Kecamatan Wates,” ungkapnya.

Lebih lanjut Iman, menambahkan bahwa, bagi para DJ atau penyiarnya Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz menjadi salah satu alternatif untuk melatih serta menyalurkan bakat verbal dan keinginan mereka untuk berbicara didepan mic siar. Radio Komunitas Suara Ramadhan membuka kesempatan bagi Remaja Islam yang mau berlatih mengasah kemampuannya tersebut.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan admin Senin, 8 Juli 2013, suasana studio 1 yang beralamat di Lantai II Komplek Masjid Al Hikmah Toyan tampak belum seramai tahun-tahun sebelumnya. Hal ini bisa dimaklumi karena hari tersebut masih awal Ramadhan. ”Studio akan ramai dan banyak pengunjung untuk sekedar menulis Ruquest Card maupun hanya main mulai seminggu pertama ramadhan,” papar Kriwil salah satu DJ di Radio Komunitas tersebut.

Beberapa DJ lama seperti Kruk-kruk, JP, Jupe, Inez, Yumy, Kriwil, Indra pun telah menyatakan kesediannya untuk kembali on air pada tahun ke-9 ini. Ditambah dengan beberapa DJ baru. Adapun beberapa programa acara yang telah dipersiapkan diantaranya :
01. Musik Islami
02.Tausiah
03. Kajian Remaja
04. Ngabuburit
05. Buber
06. Live Kultum (dari Mimbar Al Hikmah Toyan)
07. Live Taraweh
08. Mushola (Musik Slow dan Galau)
09. Kolaq (Koleksi Lagu Request)
10. Saum (Sair Untuk Malam)

Radio Komunitas yang mengusung jargon “Jadikan Ramadhan Lebih Bermakna” tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai sarana mempererat silaturahim. Pendengar Radio Komunitas Suara Ramadhan dapat beratensi baik melalui SMS maupun telepon ke nomor 085701191110. Harapannya, dengan adanya Radio Komunitas Suara Ramadhan yang telah On Air selama 9 Tahun tersebut dapat terus diterima oleh pendengarnya dalam setiap datangnya Bulan Suci Ramadhan. *[adm]

Referensi : Radio Komunitas Ramaikan Pengajian | Siap On Air 1434 Hijriyah

Selengkapnya → 9 Tahun On Air Radio Komunitas Suara Ramadhan

Selasa, 09 Juli 2013

Agenda Semarak Ramadhan 1434 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Tak jauh berbeda dengan Ramadhan sebelumnya, Ramadhan 1434 Hijriyah inipun Remaja Islam Masjid telah mempersiapkan Agenda Semarak Ramadhan.

Sejak Senin Sore, 8 Juli 2013 didepan gerbang Masjid Al Hikmah Toyan sebelah kanan, sudah tampak banner berukuran besar yang berisikan informasi tentang Agenda Semarak Ramadhan 1434 Hijriyah.

Beberapa agenda yang sedianya akan dilaksanakan pada Semarak Ramadhan tahun 1434 Hijriyah ini diantaranya :
1. Pengajian Pra Ramadhan.
2. Jamaah 5 Waktu.
3. Kuliah Tujuh Menit (Kultum Remaja).
4. Silaturahim Kajian Remaja.
5. Buka puasa bersama.
6. Kultum Remaja.
7. Shalat Tarawih.
8. Tadabbur Quran.
9. Badminton Cup Part II.
10. Lomba Anak Sholeh.
11. Khataman.
12. Pengelolaan Zakat Infak dan Shodaqoh.
13. Kupatan.
14. Takbir Keliling.
15. Syawalan.
16. Halal Bil Halal.
17. Radio Komunitas Suara Ramadhan 88,1 Mhz.
18. Ahito TV Multimedia.

Sementara itu, Kusuma Dwi salah satu penggagas Badminton Cup menjelaskan bahwa kegiatan sudah memasuki Tahun yang kedua dalam penyelenggaraannya. Tak jauh berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya, kegiatan turnamen ini tidak hanya akan diikuti oleh Remaja Islam Masjid (Rismas) Ahito, namun akan mengundang beberapa Remaja Islam Masjid sekitar. “Pelaksanaan hampir dipastikan seperti tahun lalu, dengan perbaikan dan penyempurnaan tentunya,” kata Kusuma.

Lebih lanjut Kusuma, mahasiswa salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Yogya dan saat ini sedang menyelesaikan Skripsi, berharap bahwa pelaksanaan Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, terutama kualitas kegiatannya.

Demikian beberapa Agenda Semarak Ramadhan yang telah dipersiapkan oleh Remaja Islam Masjid Al Hikmah Toyan pada Ramadhan 1434 Hijriyah ini. Semoga dapat menjadi pembelajaran dalam rangka mengasah kemampuan dan meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri. Aamiin. *[adm]

Referensi : Pengajian Pra Ramadhan 1434 H

Selengkapnya → Agenda Semarak Ramadhan 1434 Hijriyah

Selasa, Masjid Al Hikmah Toyan Mulai Puasa 1434 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Senin, 8 Juli 2013 sebelum pelaksanaan Shalat Isya sudah tampak jamaah yang akan mengikuti Shalat Tarawih berjamaah, pasalnya Selasa, Jamaah Masjid Al Hikmah Toyan memulai Puasa Ramadhan 1434 Hijriyah.

Walau sidang Isbat, baru digelar oleh Kementerian Agama pada Senin, 8 Juli 2013 bakda Shalat Maghrib tak mengurangi jumlah jamaah yang hadir, terbukti jamaah yang hadir tampak tumpah sampai luar masjid. Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan Shalat Isya, Tarawih sejumlah 11 rakaat dan Witir.

Sementara itu disela pelaksanaan Shalat Isya dan Tarawih terselip Kultum (Kuliah Tujuh Menit) yang sedianya akan diisi oleh Remaja Islam Masjid (Rismas) dan Santri Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Masjid Al Hikmah guna melatih keberanian dan mengasah kemampuan verbal dalam menyampaikan kepada jamaah masjid. Dalam kultum perdana pada malam hari tersebut, kuliah tujuh menit disampaikan oleh Andi Yahya, Ketua Remaja Islam Masjid. Andi menyampaikan tentang keutamaan Bulan Suci Ramadhan. “Salah satu keutamaan Ramadhan adalah, dibukanya pintu surga, dan ditutup pintu neraka, amal kebaikan dilipatgandakan, setan dibelenggu,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Takmir Masjid, Slamet Riyadi menambahkan disela acara bahwa jamaah Masjid Al Hikmah akan memulai puasa pada Selasa 9 Juli 2013. “Besok pagi (selasa, admin), jamaah Masjid Al Hikmah, kita harapkan sudah bisa mulai puasa,” tandasnya.

Terkait dengan adanya perbedaan waktu pelaksanaan awal puasa, Slamet menerangkan bahwa itu adalah hak pribadi masing-masing, dan tidak perlu dipersoalkan. “Itu hak masing-masing, kita yakinkan diri, bahwa malah hari ini sudah masuk pada Bulan Suci Ramadhan dan besok pagi sudah mulai puasa,” tambahnya. *[adm]

Referensi : Hadapi Ramadhan 1434 Hijriyah

Selengkapnya → Selasa, Masjid Al Hikmah Toyan Mulai Puasa 1434 Hijriyah

Senin, 08 Juli 2013

Masjid Toyan TV Dan Radio Komunitas Ramaikan Pengajian Pra Ramadhan

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Setelah Radio Komunitas yang telah kurang lebih 8 tahun mengudara selama Ramadhan, melalui pengajian Pra Ramadhan yang digelar pada Sabtu, 6 Juli 2013, embrio Televisi Masjid Toyan mulai diperkenalkan.

Wildan EM Asrori salah satu penggagas Masjid Toyan TV yang ditemui admin disela penyelenggaraan pengajian Pra Ramadhan 1434 Hijriyah menerangkan bahwa ide adanya media televisi ini sudah ada sejak 3 tahun yang lalu, namun karena keterbatasan alat dan sumber daya yang menangani, sampai beberapa saat lalu hal tersebut masih menjadi angan-angan.

Lebih lanjut Wildan menambahkan bahwa tahun ini baru sekedar embrio yang diharapkan apabila mendapat respon positif bukan tidak mungkin tahun-tahun mendatang keinginan ini bisa terwujud. Dana, waktu dan kapasitas SDM tentu menjadi kendala tersendiri, namun guna mewujudkannya tentu bukan tidak mungkin. ”Ini baru perkenalan, embrio, semoga tahun kedepan dapat terlaksana,” ungkap ayah Kidhung ini.

Dalam kesempatan pengajian tersebut ditayangkan sejarah masjid melalui profil yang didukung dengan foto-foto lawas yang masih hitam putih. Iman editor gambar tersebut menjelaskan bahwa foto-foto sengaja dikumpulkan, discan dan diedit untuk dapat layak ditampilkan, pasalnya banyak foto lawas yang sudah usang dan perlu editing. Dengan didukung 1 buat layar lebar berukuran 2 kali 3 meter dan 2 kamera suasana pengajian Pra Ramadhan pada malam hari itu nampak meriah dan lain daripada kegiatan pengajian biasanya.

Sementara itu, pengajian juga disiarkan secara langsung oleh salah satu Unit Kegiatan Masjid (UKM) yaitu Radio Komunitas Suara Ramadhan (RKSR) yang memancar di gelombang FM 88 MHz.

Semoga dengan kehadiran Masjid Toyan Televisi dan Radio Komunitas Suara Ramadhan lebih menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan dan yang terpenting dapat menambah wawasan, kompetensi dan referensi keilmuan terutama bagi Remaja Islam Masjid  Al Hikmah Toyan. Aamiin. *[adm]

Referensi :  Radio Komunitas Suara Ramadhan | Pengajian Pra Ramadhan 1434 H

Selengkapnya → Masjid Toyan TV Dan Radio Komunitas Ramaikan Pengajian Pra Ramadhan

Hadapi Ramadhan 1434 Remaja Islam Adakan Pengajian Pra

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Menghadapi Bulan Mulia Ramadhan 1434 Hijriyah, Sabtu, 6 Juli 2013, Remaja Islam Masjid Adakan Pengajian Pra Ramadhan bertempat di Halaman Masjid.

Hadir sebagai pembicara pada kesempatan tersebut, H. Mustafid, S.Ag, dari Kedundang Temon, Kulon Progo. Dalam sambutannya H. Ali Munawir selaku Wakil Takmir Masjid mengharapkan bahwa Ramadhan tahun ini akan lebih baik baik secara penyelenggaraan maupun peribadatan yang dilaksanakan. ”Jadikan Ramadhan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT,” ungkapnya.

Sementara itu dalam tausyiahnya Mustafid yang juga seorang guru ini menjelaskan kepada jamaah yang hadir tentang keutamaan ramadhan dan hal-hal yang harus dihindari dalam pelaksanaan puasa ramadhan sehingga akan mengurangi pahala puasa. ”Banyak hal-hal yang harus dihindari sehingga mengurangi pahala puasa, puasanya sah tapi pahalanya berkurang,” jelasnya.

Pengajian tersebut juga disiarkan secara langsung oleh Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz. Radio komunitas yang tahun ini sudah memasuki usia yang ke-9 ini tetap istiqomah mengiringi setiap hari-hari Ramadhan dan akan secara resmi memulai on air pada malam pertama Ramadhan yang akan dimulai pada Senin, 8 Juli 2013.

Kegiatan Pengajian Pra Ramadhan yang dimulai pada pukul 20.00 WIB ini dihadiri kurang lebih 150 jamaah. Dari antusiasme jamaah yang hadir pada kegiatan Pra Ramadhan 1434 Hijriyah, diharapkan sebanding dengan semangat untuk menuntaskan ramadhan dengan baik. Aamiin. *[adm]

Referensi : Radio Komunitas Suara Ramadhan

Selengkapnya → Hadapi Ramadhan 1434 Remaja Islam Adakan Pengajian Pra

Jumat, 05 Juli 2013

Tips Siap Menyambut Ramadhan

[alhikmahtoyan.blogspot.com]Tips siap menyambut Ramadhan. Ketika akan memasuki bulan rajab, Rasulullah SAW mengajak umatnya berdoa agar Allah SWT mengizinkan kita dipertemukan pada bulan yang penuh berkah yakni Ramadhan. “Allahumma baarik lanaa fii rajabin wa sya’baana wa ballighnaa ramadhanaana.” (ya Allah berkahilah kami di dulan Rajab dan Sya’ban, serta pertemukanlah kami dengan Ramadhan (Riwayat Baihaqi). 

Beberapa tips siap menyambut ramadhan diantaranya, Pertama, Persiapan Ruhaniah, yaitu dengan cara membersihkan hati dari penyakit aqidah sehingga melahirkan niat yang ikhlas. Kedua, Persiapan Fikriah. Sebelum Ramadhan sebaiknya kita membekali diri dengan ilmu agama yang terkait langsung dengan Ramadhan. Misalnya, kewajiban puasa, keutamaan puasa, hikmmah puasa, syarat dan rukun puasa, serta hal-hal yang membatalkan puasa.

Ketiga, Persiapan Jasmaniah. diantaranya,  puasa sunah. Puasa memerlukan kekutan fisik yang prima. Karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan sehingga Ramadhan bisa kita isi dengan ibadah yang maksimal. Mari biasakan diri berpuasa sunnah sebelum Ramadhan tiba. Sebab, ibadah sunnah merupakan bentuk kasih sayang Allah kepada kita,karena bisa menutupi kekurangan kita pada ibadah fardhu. Selain itu, menambah pahala kita.

Beberapa puasa sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW diantaranya Puasa Senin-Kamis. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, Rasulullah SAW bersabda, “berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (Riwayat Tirmidzi no.747.Shahih dilihat dari jalur lainnya). Ayyamul Bidh, yakni berpuasa pada setiap tanggal 13,14, dan 15 di bulan Hijriyah. Puasa lainnya adalah Puasa Daud, Cara melakukan pusa daud adalah sehari berpuasa dan sehari tidak.

Olahraga. Banyak manfaat yang kita dapat dari kegiatan tersebut. Untuk itu, buatlah jadwal olahraga rutin sejak sekarang, agar tubuh bugar di saat Ramadhan. Selanjutnya adalah bekam (hijamah). Bekam merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan.


Keempat, mengkonsumsi makanan yang sehat dan halal. Islam mempunyai etika soal makan, tak lain agar manusia menjadi sehat, baik jasmani maupun ruhaninya.

Tips menghadapi ramadhan yang laen adalah Persiapan Muliah, Persiapan ini bukan untuk menyediaksan kue-kue lezat, membeli baju baru, kita memerlukan dana untuk memperbanyak sedekah, infaq, zakat, dan memberi buka puasa orang lain. Nah, setelah kita mengetahuai betapa spesialnya Ramadhan, marilah kita perlakukan sebaik mungkin dan mengisinya hanya dengan kebaikan.

Demikian beberapa tips siap menyambut ramadhan, semmoga kita diberikan kekuatan dalam menjalankan ibadah selama ramadhan 1434 Hijriyah tahun ini. Aamiin. *[adm]

Referensi : Suara Hidayatullah

Selengkapnya → Tips Siap Menyambut Ramadhan